Objek Wisata Ramah Kantong di Kabupaten Bandung

Di Kabupaten Bandung termasuk daerah yang memiliki banyak objek wisatanya. Mungkin kalian juga sering mendengar seperti Kawah Putih, Walini, Ciwidey Valley, Cimanggu, Taman Love dan yang lainnya. Tapi, di sini saya tidak akan membahas nama-nama populer itu karena untuk beberapa tempat saya juga belum pernah mengunjunginya, hahaha.

Jadi, saya akan lebih membahas tempat yang pernah saya kunjungi dan tentu ramah kantong. Soalnya kita tidak perlu merogoh kocek yang banyak cukup dengan puluhan ribu pun sudah bisa menikmati liburan. Bahkan biar lebih hemat lagi bisa bawa bekal dari rumah.

Kabupaten Bandung termasuk salah satu Kabupaten yang unik karena di dalam gedung pemerintahan (DPRD) ada objek wisatanya loh. Yang tentu sangat ramah anak-anak dan keluarga. Langsung saja berikut ulasannya.

#1 Taman Uncal (Rusa)
Sesuai dengan namanya maka sudah pasti di taman itu terdapat banyak uncal. Di sana anak-anak bisa memberi makan uncal.

Untuk biaya yang perlu di keluarkan sebesar Rp. 2000 untuk satu ikat kangkung atau wortel. Dari sana anak Anda senang, uncal pun kenyang.

#2 Taman Anak
Di taman ini tempatnya bermain anak-anak. Mainan yang tersedia pun ada berbagai macam, mulai dari ayunan, jungkat jungkit, perosotan dan yang lainnya.

Selain itu ada rumput sintetis dan saung (rumah khas Sunda) yang bisa dijadikan tempat untuk makan bersama, jika emak-emak nya kelaparan sambil menunggu anak bermain.

#3 Taman Baca
Selain bermain di sini anak-anak juga bisa sambil membaca buku-buku cerita yang telah di sediakan. Tapi, terkhusus taman baca ini saya rasa akan lebih banyak remaja atau dewasa yang datang ke sana. Bukan karena minat membaca anak-anak kurang ya. Tapi, lebih ke tempat nya yang instagramable banget. Soalnya berasa ada di London gitu hanya karena ada box telephone-nya seperti ini https://images.app.goo.gl/yHvmypCivv4puGHH7

Untuk di ruang lingkup gedung pemerintahan (DPRD) mungkin hanya segitu. Tapi, mari menyebrang sedikit ke depan untuk menikmati objek wisata berikutnya. Nama tempat tersebut adalah Gedung Budaya Sabilulungan.

Di Gedung Budaya Sabilulungan sendiri ada beberapa objek wisata yang tak kalah menarik, diantaranya yaitu:

#1 Tempat Berkuda
Kalau di Lembang punya de'Ranch maka jangan salah loh di sini juga ada. Namun, bedanya kalau di Sabilulungan lahannya tidak terlalu luas dan pemandangannya tidak begitu indah. Sebab, sepanjang mengelilingi area depan Sabilulungan hanya disuguhi lalu-lalang motor dan mobil. Tapi, tak apalah. Toh, untuk ukuran anak kecil itu tidak begitu penting karena yang utama adalah sensasi menunggangi kuda tersebut.

Untuk wisata kuda ini hanya ada di hari Minggu. Dan untuk biayanya sendiri cukup terjangkau sekitar Rp. 15.000 - 20.000 saja.

#2 Science Center
Tempat ini merupakan sarana belajar anak-anak. Didalamnya ada berbagai hal yang bisa di pelajari seperti mengenal tata surya, mengenal perkembangan telepon dari tahun ke tahun, mengenal alat musik Sunda, ada simulasi terjadinya gunung merapi dan lain-lain. Harga tiket masuknya sekitar Rp. 3.000 untuk anak dan Rp. 5.000 untuk dewasa.

Selain itu ada juga wahana 4D cinema science center yang akan membuat anak-anak lebih senang lagi. Dan untuk masuk wahana ini mesti bayar lagi sekitar Rp. 15.000.

#3 Tempat berswafoto
Yang suka berselfie ria maka di sinilah tempatnya. Spot fotonya pun ada macam-macam contohnya ada saung (rumah khas Sunda) yang juga dilengkapi ayam peliharaan dan tempat bercocok tanam. Yang kalau foto di sini terlihat nyunda banget.

Kemudian, di sini ada taman bunga yang estetik banget. Yang suka nuansa feminim maka di sinilah tempatnya. Selain untuk foto-foto di sini juga bisa sambil bersepeda dan berolahraga.

Lalu, ada tempat dengan pemandangan gunung yang indah. Jika berfoto di sana maka auto terlihat lebih cantik gunungnya. Dan tempat ini berada di belakang Gedung Budaya Sabilulungan.

#4 Beus Si Jalak Harupat
Nah, untuk ini saya belum pernah mencobanya karena baru launching beberapa waktu yang lalu dan keburu PSBB. Tapi, ini paling di rekomendasikan sih soalnya Beus Si Jalak Harupat ini fungsinya untuk mengelilingi beberapa tempat di Kabupaten Bandung.

Dilansir dari wisatabdg.com ternyata rute yang dilalui cukup panjang yaitu mulai dari Gedung Budaya Sabilulungan - Taman Pacantel - Kampung Gamis - Taman Uncal - Lapangan Upakarti - Gedung Perpustakaan - Stadion Si Jalak Harupat.

Menurut saya sebagai warga Soreang merasa privilese banget tinggal di sini. Tidak perlu banyak mengeluarkan uang tapi sudah bisa menikmati liburan.